Cara trading saham CFD di IQ Option

Pada platform IQ Option kita bisa berdagang saham-saham perusahaan terbesar dunia seperti Google, Facebook, Apple, MasterCard dan lainnya.
Caranya nya sama seperti berdagang aset-aset pada umumnya yaitu beli pada harga sekarang dan jual nanti ketika sudah naik. Keuntungan kita dapatkan dari selisih harga beli dengan harga saat kita jual. Kelebihan berdagang saham di IQ Option adalah fitur margin yang diberikan oleh broker sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan modal yang lebih kecil.

Apa itu saham?

Saham adalah surat berharga yang secara sah menyatakan kita memiliki hak atas perusahaan yang menerbitkannya. Saham diperdagangkan dalam bursa saham dan juga pada pasar sekunder (diluar bursa saham).

Cara berdagang saham di IQ Option

Perlu anda ketahui bahwa bursa saham USA dibuka mulai pukul 21.00 WIB sama 04.000 WIB, jadi diluar jam tersebut aset saham akan ditutup dan tidak bisa di perdagangkan.

1. Dari platform IQ Option pilih CFD

Disana akan muncul pilihan saham perusahaan top dunia. Anda bisa memilih perusahaan mana yang akan anda beli sahamnya.
Sebagai contoh kita memilih saham Facebook, dalam tabel harga dicantumkan berapa harga saham perlembar.



Perlu diketahui kita bisa membeli berapa saja, jadi contohnya kita membeli sebesar 100$ maka akan mendapat 0.9 lembar.

2. Pilih Multi atau Margin

Saat membeli saham, anda bisa menggunakan multi atau margin (juga disebut leverage), ini adalah pinjaman dana yang disediakan broker untuk meningkatkan daya beli dari modal Anda.

Jika anda bingung dengan multi ini, silahkan dibaca penjelasan dibawah ini:
Contoh, Katakanlah harga saham facebook sekarang $200/lembar dan Anda ingin membeli saham Facebook dengan modal $100. Tanpa multi anda akan mendapatkan 0.5 lembar saham karena 100/200 = 0.5, bandingkan dengan menggunakan multi x10 anda akan mendapat 5 lembar saham karena broker memberikan pinjaman 10 kali dari modal Anda, jadi modal kita saat menggunakan multi x10 akan menjadi $1000
Dengan kata lain, jika saham facebook naik 10% maka keuntungan anda hanya 10% dari $109 yaitu $10, sedangkan dengan multi x10, jika saham facebook naik 10% maka keuntungan anda akan 10 kali lipat yaitu $100, karena 10% dari $1000.
Bagaimana jika harga saham turun?
Jika tidak menggunakan multi, saat harga saham facebook turun 10% maka kerugian anda adalah 10% dari $100 yaitu $10, bandingkan dengan pakai multi x10 lalu harga saham facebook turun 10%, maka kerugian anda adalah 100$ (dengan begini saham yang anda beli dengan modal $100 akan otomatis di likuidasi oleh broker untuk mengamankan posisi mereka).
Jadi modal anda $100, menggunakan multi x10, maka modal anda menjadi $1000, artinya $900 lagi dipinjamkan oleh broker, Lalu saat harga saham turun 10% posisi Anda sudah rugi $100 dan broker akan menjual posisi anda dengan kerugian $100, sisanya $900 akan kembali ke broker.

3. Pasang Take Profit dan Stop Loss


Setelah selesai, Anda perlu memasang take profit yang berfungsi untuk menjual saham secara otomatis saat harga sudah naik. Fitur ini sangat membantu supaya anda tidak perlu memantau harga setiap jam.
Sedangkan stop loss juga bisa anda isi yang berfunsi untuk menjual saham jika harga turun melebihi apa yang bisa anda relakan.
Sebagai contoh, anda ingin menutup otomatis saham ketika sudah mendapatkan keuntungan 50%, maka tinggal pasang 50% di bagian take profit.

4. Menutup posisi saham dan melihat keuntungan

Setelah anda membeli saham dan harga saham sudah naik maka tentu anda perlu menutup posisi untuk mengambil keuntungan. Selain menggunakan fitur take profit pada langkah 3 diatas, anda juga bisa menutup posisi secara manual dengan cara menekan tombol close.
  1. Klik pada portofolio
  2. Lihar gambar dibawah, nomor 2 pada gambar menunjukkan profit yang kita dapat dari saham saat ini
  3. Tekan tombol close untuk menutup posisi.



Penutup

Pada panduan diatas sudah saya jelaskan cara berdagang saham di IQ Option. Perlu diketahui bahwa saham yang diperdagangkan dalam bentuk CFD, artinya anda tidak akan mendapatkan sertifikat saham yang dikirim ke alamat anda, tidak akan mendapat deviden, tidak bisa ikut RUPS dan hal-hal lainnya yang menyangkut perusahaan. Karena dalam trading saham CFD anda murni mendapat keuntungan dari naik-turun saham saja.


EmoticonEmoticon